Monday, April 12, 2010

Keajaiban Sholat Shubuh



Segala puji bagi Allah hanya kepada NYA kami memuji memohon pertolongan ,hidayah dan ampunan.Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan nafsu kami dan keburukan amal perbuatan kami. "Demi fajar,dan malam yang sepuluh,dan yang genap dan yang ganjil,dan malam bila berlalu.Pada yang demikian itu terdapat sumpah yang dapat diterima oleh orang orang yang berakal " (QS:Alfajr 89 ayat 1-5).Dapat kita lihat sendiri bagaimana Allah mengawali sumpah dengan menyebut kata kata fajar.Demi Allah bagi yang mau merenungi konteks ayat ini akan melihat betapa kuat dorongan dan anjuran untuk melaksanakan sholat shubuh yaang mampu melembutkan hati.Ayat ini bukan hanya sekedar kata kata dan lafazh,ia adalah nafas nafas yang tekandung dalam waktu fajar,dan titik titik embun yang bercampur dengan wewangian,seruan keselamatan yang melegakan hati,bisikan lembut untuk ruh,sentuhan yang diarahkan kepada hati,itulah udara fajar.Waktu fajar merupakan saat saat kehidupan mulai bernafas dalam kemudahan,kegembiraan,kecintaan dan kerelaan hati dimana alam yang tertidur seolah bangun dengan nafasnya yang berbisik dan seolah suasana merekahnya adalah Doa. Sholat shubuh disebutkan secara khusus.Allah Ta'ala berfirman : Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah sholat shubuh.sesungguhnya sholat shubuh itu disaksikan oleh malaikat ( QS Al Isro 17:78 ).


Perhatikan bagaimana Allah memberikan balasan dari pelaksanaan ibadah ibadah ini dengan ditinggikannya derajat dan di naikannya kedudukan,sebagaimana firman Allah Ta'ala selanjutnya " Mudah mudahan Robbmu mengangkat kamu ketempat yang terpuji ( QS Al isro 17 : 79 ) "


Beberapa keutamaan sholat shubuh adalah:

1. Sholat shubuh adalah faktor dilapangkannya Rezeki.Karena pada waktu ini Allah Ta'ala membagi
bagikan rezekinya kepada hamba hambanya diantara sholat shubuh dan terbitnya matahari.Rezeki disini bukan berarti hanya uang saja.bisa jadi berupa hidayah,sehingga nantinya seorang hamba memperoleh keridhoan dan kelurusan dari Robbnya yang pada akhirnya ia akan menghabiskan sisa harinya dalam pertolongan Allah dan kemudahan dalam segala urusannya.Dan tak kalah penting adalah segala aktifitas kita yg dimulai dengan sholat shubuh berjamah maka hidupnya akan mndapatkan keberkahan dari Allah SWT.


2. Sholat shubuh dapat menjaga diri seorang muslim.
Dalam hadist shohehnya imam muslim dngn sanad sendiri,bahwasannya rosulullah saw bersabda: "Barangsiapa melaksanakan sholat shubuh,Maka ia berada dalam jaminan Allah,maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan-NYa kpd kalian dengan sebab apapun.Karena siapapun yang Allah cabut jaminan-NYa darinya dengan sebab apapun pasti akan tercabut.Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahannam.Bisa kita bayangkan bagaimana Kalau Allah yang memberikan penjagaan dan pemeliharaan kepada anda???Sungguh semua itu adalah rahmat yang merubah kepedihan menjadi harapan.Allah Ta'ala berfirman "Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya 'kun jadilah'maka jadilah ia" (QS An-nahl 16:40 ).



3. Sholat shubuh Sama dengan sholat malam semalam suntuk.Rosulullah SAW bersabda : Barangsiapa yang melaksanakan sholat isyak secara berjamaah maka ia seperti sholat malam separoh malam.Dan barangsiapa yang melaksanakan sholat shubuh secara berjamaah,maka ia seperti melakukan sholat malam satu malam penuh.(diriwayatkan oleh muslim dalam shohehnya kitab al Masaajid).Tetapi jangan salah faham dulu akhi muslim para salaf yg mulia slalu melaksanakan sholat isyak dan shubuh secara berjamaah di masjid,tetapi mereka tetap bersemangat tanpa henti dalam melaksanakan sholat malam.karena sholat malam memiliki keutamaan yng lebih baik lagi.



4. Sholat shubuh adalah tolak ukur keimanan.
Rosulullah Saw bersabda : " Batas antara kita dengan orang orang munafik adalah menghadiri sholat isyak dan shubuh,sebab orang orang munafik tidak sanggup menghadiri kedua sholat tersebut."(Muwatho' imam malik,kitab sholaatu l-jamaah, bab maa jaa afi l-atamati wa sh-shubhi (I/226) )Hadist ini adalah mursal. status maknanya adalah mahfuzh/terpelihara dari beberapa sisi yang menguatkan keshohehannya(ibnu abdil barr dalam Attamhiid). Dalam riwayat lain Yang di riwayatkan oleh Ahmad dalam musnadnya (XXV/424) dishohehkan oleh al bani dalam Shohihu l-jami (no 133) Rasulullah SAw bersabda : "Sholat terberat bagi orang orang munafik adalah sholat isyak dan shubuh.padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua shola tersebut tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.Naudzubillah ya Allah jauhkan hamba dan keluarga hamba dari sifat orang orang munafik.



5. Sholat shubuh adalah penyelamat dari neraka.MUslim meriwayatkan dalam shohehnya,demikian juga imam ahmad dalam musnadnya, bahwasannya Rosulullah Saw bersabda" Tidak akan masuk neraka,orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya". ini adalah ketetapan dari nabi yg mulia,bahwa siapa yang memelihara pelaksanaan sholat shubuh dan ashar maka ia tdk akan masuk neraka dengan ijin Allah SWT.Namun bagaimana dengan konteks firman allah yang mengatakan "Dan tidak ada seorangpun dari padamu,melainkan mendatangi neraka itu.Hal itu bagi Robbmu adalah suatu kepastian yang sudah ditetapkan(Maryam19 :71)" menurut pendapat abu huroiroh beliau berkata, maksud mendatangi disini adalah melewati diatasnya. Kemudian rosulullahpun berkata bukankah Allah berfirman " Kemudian kami akan menyelamatkan orang orang yang bertakwa dan kami biarkan orang orang yang zolim didalam neraka dalam keadaan berlutut.(QS Mariyam19:72 ). Maka bergembiralah wahai akhi yang selalu konsisten menjaga sholat shubuh.

6. Solat shubuh adalah salah satu penyebab seseorang masuk surga.Bukhori mengeluarkan dalam shohehnya dengan sanannya bahwasannya Rosulullah Saw bersabda : Siapa yang melaksanakan dua sholat bardain/shubuh dan ashar,ia masuk surga. disebut al bardain karena kedua wktu sholat ini adalah berada dala suasan yang tidak terik/teduh.Oleh sebab itu maka Allah berfirman " Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba lomba( Qs Al-Muthoffifin 83:26).



7. Solat shubuh akn mendatangkan nikmat berupa dapat melihat wajah Allah yang Mulia.
Ini adalah pahala yang terbaik yang diangankan oleh setiap hati dan jiwa yang merindukannya.MUslim telah meriwayatkan dalam shohehnya dengan sanadnya dari sahabat shuhaib bahwa Rosulullah Saw bersabda " Apabila penghuni surga telah memasuki Surga.Allah berfirman,Apakah kalian ingin aku beri tambahan?,Mereka menjawab Bukankah Engkau telah memutihkan wajah wajah kami? Bukankah Engkau telah memasukan kami kedalam Surga?dan Engkau selamatkan kami dari api neraka?" Rosulullah Saw melanjutkan " Kemudian dibukalah tabir, maka tidak ada lagi nikmat yang lebih besar dari pada nikmat bisa melihat Robb mereka.Inilah nikmat tambahan itu.lalu beliau membacakan firman Allah SWT " Bagi orang orang yang berbuat baik,ada pahala yang terbaik/jannah dan tambahnnya ( Yunus 10 : 26 ).

Bukhory meriwayatkan dalam shohehnya dengan sanadnya dari jarir bin abdillah ia berkata, ketika kami tengah berada disisi nabi SAW,beliau memandang kearah bulan purnama lalu bersabda " Sesungguhnya kalian nanti akan melihat Robb kalian sebagaimana jelasnya kalian melihat bulan ini.atau kalia tidak kesusahan untuk melihatNYa.JIKA KALIAN SANGGUP UNTUK TIDAK MENINGGALKAN SHOLAT SEBELUM TERBIT MATAHARI DAN SEBELUM TENGGELAMNYA,MAKA LAKUKANLAH." Kemudian beliau membaca ayat ini, " Dan bertasbihlah dengan memuji Robbmu sebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya(QSThoha 20 :30)

Jalani hidup seperti air yang mengalir......
sesuai sekenario Allah...


Ya Allah sibukkanlah kami dengan MU dan jangan Engkau sibukkan kami dengan selain MU.Ya Allah jangan haramkan kami dari kelezatan melihat wajah MU yang mulia.

8. Sholat shubuh adalah suatu syahadah khususnya bagi yang konsisten memeliharanya.

Artinya sholat shubuh dapat dijadikan sebagai saksi/bukti karena sholat shubuh disaksikan para malaikat yang mulia.Rosulullah Saw bersabda " Malaikat malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat malaikat malam.Dan mereka berkumpul pada waktu sholat shubuh dan sholat ashar.Setelah itu malaikat yang semalaman menjaga kalian naik kelangit,lalu Allah bertanya pada mereka-dan Dia lebih tahu tentang mereka-, Bagaimana kalian tinggalkan hamba hambah KU? mereka menjawab kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat dan kami datang kepada mereka ketika mereka shola. (Shohihu i bukori 555 kitab mawaqitu sh-sholah).

9. Sholat shubuh adalah kunci kemenangan. Bukhori meriwayatkan dengan sanadnya bahwa bila Rosulullah Saw hendak menyerbu suatu kaum,beliau menundanya hingga waktu shubuh,jika beliau tidak memerang dipagi hari,beliau tunggu hingga matahari tergelincir dari tengah tengah.

10. Sholat shubuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya. Imam Ahmadmuslim dan yang lain meriwayatkan bahwasannya Rosulullah Saw bersabda : " Dua rokaat sholat shubuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya.



Inilah akhi beberapa keutamaan sholat shubuh.smoga informasi ini bisa menjadi motivasi dan penyemangat untuk kita agar bisa mendirikan sholat khususnya sholat shubuh.Sebelumnya saya memohon maaf yang sebesar besarnya bila ada kesalahan dalam penulisan ini.adapun tema yang saya ketengahkan ini saya kutip dari buku keajaiban Sholat Shubuh karya Imad ali abdus Sami Husain.Mudah mudahhan ilmu yang saya peroleh dari buku ini dan saya bagikan kepada teman teman yang lain menjadi bermanfaat dan dapat diamalkan dengan niat yang ikhlas hanya mengharap Ridho Allah semata

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.